Minggu, 17 Juli 2016

Cara Membaca Tab Gitar

Jika sebelumnya panduangitaris sudah menjelaskan panjang lebar soal asal mula chord, kali ini saya akan memjelaskan tentang cara membaca tab gitar. Mungkin masih banyak pemula yang ingin belajar melodi tetapi belum paham tentang cara membaca tab gitar.

Tab gitar atau tablature merupakan pedoman yang menunjukan not mana yang harus kita pencet. Ini sangat penting untuk dikuasai apabila kita ingin belajar melodi dalam sebuah lagu. Cara membaca tab gitar mudah, kok. Saya jamin Anda tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk memahaminya. Hahaha...


Coba perhatikan contoh di atas.

Terdapat 6 garis horizontal yang mewakili senar pada gitar. Senar 1 atau senar E dimulai dari atas, kemudian di bawahnya yaitu senar 2 atau senar B, dan seterusnya.

Sedangkan angka mewakili fret pada gitar.

Lihat not pertama yang harus kita mainkan. Not tersebut terletak pada senar 5 fret 5. Kemudian untuk not selanjutnya yaitu senar 4 fret 7, dan seterusnya.

Tab gitar tidak hanya dapat dimainkan satu persatu, namun juga dapat dimainkan sekaligus alias digenjreng. Contohnya pada chord C di bawah ini.


Not-not di atas kita mainkan secara bersamaan, angka 0 artinya open string atau senar tidar perlu dipencet dengan jari tangan kiri. Sedangkan simbol X artinya senar di-mute atau tidak perlu kita mainkan.

Hammer on, pull off, bending dan slide

Dalam tab gitar tentunya tidak terbatas hanya memainkan not-not saja, untuk teknik seperti hammer on, pull off dan slide juga memiliki simbol sendiri di tab gitar. Untuk penjelasan tentang teknik ini silahkan baca di Teknik Dasar Pada Gitar

Hammer on
Selain pada contoh diatas, dapat juga dituliskan dengan 4h5h7 atau 5h7h9

Pull off
Selain pada contoh diatas, dapat juga dituliskan dengan 7p5p4 atau 9p7p5.

Slide

Bending
Selain pada contoh di atas dapat juga dituliskan dengan 5b atau 5b7.

Bagaimana? Sudah paham kan? Sekarang kalian bisa mencari tab-tab lagu yang kalian ingin pelajari di ultimate guitar, songster, atau lainnya.

Selamat belajar! :)

2 komentar:

  1. Wah ane bookmark gan, sankyu 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. wokee makasih juga gan, boleh berlangganan juga di blog ini biar ga ketinggalan post terbaru hehehe

      Hapus