Minggu, 07 Agustus 2016

Latihan Fingering Supaya Jago Melodi


Helloo!!

Kali ini panduangitaris akan menjelaskan tentang fingering supaya jari-jari kamu makin lincah buat main melodi. Karena ini penting banget.

Fingering itu apa sih? kok bisa penting banget?

Fingering atau yang biasa disebut senam jari merupakan pola latihan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan kanan dan kiri, dan melatih agar jari-jari di tangan kiri dapat bergerak secara 'independen' sehingga dapat meningkatkan speed dan akurasi permainan gitarmu.

'Independen' di sini maksudnya masing-masing jari kamu dapat bergerak secara leluasa tanpa mempengaruhi pergerakan jari yang lain.

Latihan fingering memang sedikit membosankan dan butuh kesabaran serta konsistensi, makanya tidak heran banyak gitaris pemula yang meremehkan soal ini. Padahal dampak dari latihan fingering setiap hari cukup besar dalam perkembangan permainan gitar.

Oke, langsung aja, ada beberapa pola yang dapat kalian gunakan sebagai latihan, jangan lupa pake metronome ya, dimulai dari tempo yang pelan dahulu.

1. Chromatic

Pola ini merupakan pola yang paling umum dalam latihan fingering. Karena melibatkan semua jari di tangan kiri (kecuali jempol pastinya.. hehehe) Lakukan latihan ini pada sekujur neck gitar kalian.

Berikut beberapa contoh fingering chromatic:

Pola 1:
latihan fingering chromatic 1

Pola ini dimainkan secara ascending yaitu berurutan dimulai jari telunjuk hingga jari kelingking dan dari senar atas ke bawah.

Pola 2:


Pola ini merupakan pengembangan dari pola sebelumnya, dimainkan berurutan secara ascending seperti pada pola 1. Kemudian dilanjutkan secara descending, dimulai dari jari kelingking secara berurutan dan dari senar bawah ke atas.

Pola 3:


Nah, pola ini sedikit lebih susah dari yang sebelumnya, kalo yang sebelumnya dimainin secara berurutan, pola ini dimodifikasi menjadi 1-4-2-3. Memang agak sulit pada awalnya, tapi efektif untuk melatih 'kemandirian' jari tangan kiri kalian.

2. Spider

Bersiap-siap jadi spiderman, guys! Di sini jari-jari kalian akan bergerak naik turun layaknya laba-laba.

Latihan ini diajarkan oleh John Petrucci pada DVD tutorialnya yang berjudul Rock Discipline. Ini sangat berguna untuk melatih kelenturan jari serta akurasi picking tangan kanan.

Pola 1:

Dimulai dari pola yang menurun dahulu, karena pola latihan ini memerlukan streching pada jari, maka dari itu lebih baik dimainkan pada fret yang lebih tinggi, karena jarak antar fretnya lebih sempit sehingga lebih mudah. Seperti pada pola diatas yang dimulai dari fret 10 senar 4.

Pola 2:


Pola ini merupakan dasar dari teknik string skipping, yaitu melompati senar. Yang perlu diperhatikan disini adalah akurasi picking dari tangan kanan. Sama seperti pola sebelumnya, terjadi pertukaran posisi antara jari tengah dan jari manis, kemudian penukaran antara jari telunjuk dan jari kelingking.

Pola 3:

Pola ini sedikit lebih sulit. Hampir sama seperti pola 2. kalo yang ini dimainkan secara naik turun, mengitari seluruh fret.

Setelah mencoba beberapa pola di atas, kalian pasti berpikiran seperti ini

Ah, bosen, jari-jari gue ga bisa cepet

Yap, memang membosankan, tetapi bila dilakukan secara rutin dan konsisten, pasti jari-jari kalian jadi lebih luwes, dan kecepatan akan datang dengan sendirinya.

Oh iya, ada beberapa tips yang akan saya berikan supaya latihanmu lebih efektif dan perkembangan lebih cepat terasa (dikutip dari https://incarnatedwarriors.wordpress.com)

1. Lakukan Pemanasan Sebelum Latihan

Hal ini sering kali dilewatkan oleh para gitaris, padahal pemanasan itu penting untuk membuat otot-otot jari kita tidak kaku dan mencegah terjadinya sakit pada jari kalian.

Pemanasan dapat dilakukan dengan cara memijat-mijat jari atau dengan melakukan gerakan stretching pada pergelangan tangan, maupun bahu.

Lakukan dengan lembut, jangan sampai menyakiti diri sendiri karena akibatnya fatal.

(Sumber: http://www.slashkygitaris.com/2012/06/guitar-warming-up.html)

2. Gunakan Metronome, Dimulai Dari Tempo Pelan

Metronome merupakan alat yang digunakan untuk mengatur tempo agar tetap stabil. Aplikasi ini dapat kalian cari di internet atau didownload melalui smartphone.

Lakukan latihan fingering mengikuti tempo pada metronome, atur pada tempo yang pelan terlebih dahulu, kemudian setelah lancar dan mainnya bersih, naikkan sedikit demi sedikit temponya.

Jangan langsung bermain dalam tempo cepat, yang penting tempo yang kalian mainkan stabil dan konsisten, tanpa melakukan kesalahan.

3. Sediakan Waktu Untuk Latihan

Lamanya kamu berlatih gitar dapat menentukan perkembangan permainan gitarmu. Seperti pada artikel Belajar Gitar Dari NOL!, latihan minimal 30 menit tiap hari jauh lebih efektif daripada berlatih 5 jam hanya sekali seminggu.

4. Ciptakan Pola Fingering Kalian Sendiri

Memainkan pola diatas terus menerus pasti membuat kalian merasa cepat bosan, Namun, kalian juga dapat menciptakan pola kalian sendiri dengan cara membuat variasi yang lain dari pola-pola diatas. Ciptakan sesuai dengan kreativitas kalian, dengan ini kalian tidak akan cepat bosan dalam berlatih fingering.

Oke, demikian penjelasan saya soal fingering. Jangan lupa terus berlatih ya!

3 komentar: