Minggu, 17 Juli 2016

Teknik Dasar Pada Gitar

Dalam gitar dikenal beberapa teknik dasar untuk memberikan 'bumbu' pada permainan gitar kita, agar tidak datar-datar saja alias flat. Teknik-teknik ini cukup mudah dimainkan oleh para pemula, namun dibutuhkan kekuatan jari yang cukup baik agar dapat menghasilkan nada yang jernih dan bersih.

Berikut teknik-teknik yang wajib Anda pelajari.
  • Hammer On


Hammer on
Teknik hammer on dimainkan dengan cara menekan nada awal dan menekan nada berikutnya pada senar yang sama dengan memukulkan jari di tangan kiri (tanpa di petik). Nada berikutnya terletak di fret yang lebih tinggi.

  • Pull Off


Pull off
Teknik pull off dimainkan dengan cara membunyikan nada awal dan membunyikan nada selanjutnya dengan cara melepas nada awal sambil meninggalkan bunyi dan sambil menekan fret di belakang posisi awal nada (tanpa dipetik) 
  • Slide

Slide
Teknik slide dimainkan dengan cara menyeret nada pertama menuju nada berikutnya. Di dalam teknik ini tidak boleh sembarangan, karena diperlukan akurasi yang cukup bagus agar nada yang kita seret tidak meleset.

  • Bending


Bending



Teknik bending dimainkan dengan cara memetik nada awal dan menaikkan senar ke atas untuk menghasilkan nada yang lebih tinggi. Teknik ini diperlukan kekuatan jari untuk dapat menghasilkan bunyi yang baik.

Di atas terdapat bending 1/2, full bending, dan release bending

Untuk bending 1/2 artinya kita menaikkan senar ke atas sampai menghasilkan 1/2 nada lebih tinggi dari nada awal.

Full bending artinya kita menaikkan senar ke atas sampai menghasilkan 1 nada lebih tinggi dari nada awal.

Release bending dimainkan dengan menaikkan senar ke atas, kemudian menurunkannya lagi, ini bertujuan menaikkan nada dan mengembalikannya ke nada semula.

Demikian teknik-teknik yang wajib dikuasai untuk kalian yang belajar melodi. Gunakan teknik-teknik di atas agar permainan gitar kalian menjadi semakin menarik.

0 komentar:

Posting Komentar